Rabu, 02 Februari 2011

SporT

Smaller  Reset  Larger
xtcian.com
Dokumen Pertama Bola Basket Laku 4,7 Juta Dolar AS
James Naismith dan bola basket pertamanya
REPUBLIKA.CO.ID,
NEW YORK--Dokumen bersejarah berisikan aturan main bola basket pertama di dunia laku dilelang sebesar 4,3 juta dolar AS. Aturan ini ditulis sendiri oleh penemu bola basket, James Naismith, pada 1891.

Dokumen dua halaman itu berisikan 13 aturan awal bola basket. Dokumen dijual oleh Naismith International Basketball Foundation di Balai Lelang Sotheby's, New York, Sabtu (11/12).

Siapa yang membelinya? Rupanya dua penggemar 'gila' bola basket yaitu David dan Suzanne Booth yang nekat merogoh kocek mereka jutaan dolar AS. Keduanya akan memamerkan dokumen ini di Universitas Kansas.

Naismith menemukan olah raga populer bola basket pada 1891 di Springfield, Massachusetts. Ia diminta menemukan olah raga musim dingin baru untuk para siswa. Naismith adalah guru olah raga.

Sekolah memberi Naismith waktu dua pekan untuk menemukan olah raga baru. Ia berhasil menemukan bola basket satu hari terakhir sebelum batas waktu yang ditentukan. Ia lantas menempelkan dokumen aturan itu di papan sekolah untuk dibaca para murid.

Naismith tak mengira kalau basket akan berkembang sedemikian pesat. Meski demikian, ia sempat melihat basket masuk olimpiade pada 1936 dan 1939.

Selain dokumen Naismith, di lelang yang sama juga laku dokumen milik Presiden AS Abraham Lincoln yang berisi menghapus perbudakan. Dokumen ini laku sebesar 3,7 juta dolar AS dan dibeli oleh Senator Bobby Kennedy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar