Kamis, 03 Februari 2011

Kepintaran dan Ketepatan

 Delapan Pelajar SMA Dikirim ke Olimpiade Fisika Asia di Taiwan
Medali emas

JAKARTA--Sebanyak delapan siswa SMA akan dikirim ke ajang Olimpiade Fisika Asia Ke-11 atau 11th Asian Physics Olympiad (APhO) pada 23 April-1 Mei 2010 di Taipeh, Taiwan. Mereka terpilih mewakili Indonesia setelah lolos seleksi mulai tingkat sekolah, kabupaten, dan provinsi.

Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional (Dirjen Mandikdasmen Kemendiknas), Suyanto, berjanji, bagi para peserta yang meraih medali emas akan mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden. Selain itu, diberi beasiswa oleh negara untuk menyelesaikan pendidikan sampai doktor di mana pun, seperti Harvard (University) dan MIT (Massachusetts Institute of Technology).

"Kalian semua menjadi duta bangsa Indonesia untuk mendapatkan penghargaan yang terbaik. Ke depan, saudara harus tetap berjuang belajar setelah mendapatkan medali-medali, " ujar Suyanto pada pelepasan Tim Olimpiade Fisika Indonesia di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Kamis (15/4).

Pimpinan tim, Hendra Kwee, menyebutkan, saingan terberat Indonesia adalah Taiwan dan Cina. Namun demikian, lanjut dia, tim Cina belum mengkonfirmasi kehadirannya pada event tersebut. Dia mengatakan, pada penyelenggaraan tahun lalu di Thailand, Indonesia meraih dua medali emas. ''Pada tahun ini, kami cukup optimistis dapat dua emas," katanya.

Anggota tim yang akan diberangkatkan adalah Ahmad Ataka Awwalur Rizqi, siswa SMAN 3 Yogyakarta, Ali Ikhsanul Qauli (SMAN 1 Pamekasan Jawa Timur), Christian George Emor (SMA Lokon St.Nikolaus Tomohon, Sulawesi Utara), David Giovanni (SMAK Penabur Gading Serpong, Tangerang, Banten), Evan Laksono (SMAK IPEKA Tomang, DKI Jakarta), Kevin Soedyatmiko (SMAN 12 Jakarta), Muhammad Sohibul Maromi (SMAN 1 Pamekasan, Jawa Timur), dan Podianko Surya (SMAK 1 Penabur, DKI Jakarta).

Adapun negara-negara peserta APhO ke-11 adalah Australia, Hongkong, India, Indonesia, Israel, Yordania, Kazakhtan, Kirgistan, Macao, Malaysia, Mongolia, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Turkmenistan, Vietnam, dan Taiwan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar