Kamis, 10 Februari 2011

Pengaruh Teknologi Terhadap Kesehatan Penglihatan

Masalah Pengelihatan

Apakah melihat layar komputer terasa blur?

Apakah melihat layar komputer terasa blur?
Saat layar komputer kantor, komputer rumah dan internet telepon diaktifkan, lebih banyak waktu kita melihat  layar dan itu menambah ketegangan mata, apalagi di zaman serba online dimana membuat kita lebih lama menghabiskan waktu di depan layar komputer atau handphone.
Sekitar 70 persen dari kita yang bekerja pada komputer memiliki beberapa derajat masalah mata, seperti kemerahan, iritasi, pandangan kabur, kesulitan fokus dan sakit kepala ringan, kata American Optometric Association. Ini bukan diagnosis resmi, namun beberapa praktisi menyebutnya gejala " sindrom penglihatan komputer."

Masalahnya berasal dari banyak faktor, seperti posisi yang buruk (memiliki layar komputer terlalu dekat atau terlalu jauh), pencahayaan yang buruk atau terlalu silau , dan kurangnya istirahat dari komputer.
Bahkan tingkat berkedip kita dipengaruhi. Orang biasanya berkedip sekitar 12 kali per menit; saat menggunakan komputer, tingkat berkedip kita berkurang menjadi sekitar 5 kali per menit, menyebabkan kornea dehidrasi.
Sebagai tanggapan, tubuh membuat air mata lebih untuk rehydrate mata, menyebabkan mata berair dan kemerahan, kata dokter mata Ravi Berger, MD, dari University Hospitals Case Medical Center di Cleveland. Kabar baiknya bahwa umumnya tidak menyebabkan kerusakan permanen, kata Dr Berger.
Lindungi Diri Anda: Pastikan cahaya dan jarak yang nyaman untuk mata. Pastikan karakter di monitor terlihat tajam dan merupakan ukuran yang nyaman, kata Dr Hedge. Juga mengikuti aturan 20-20: istirahat 20 detik dari komputer setiap 20 menit.

Jika mata Anda sudah mengganggu, pertimbangkan menggunakan air mata buatan, yang membantu menjaga kelembaban  Atau gunakan saja obat tanpa efek samping : pijat mata perlahan dibawah kelopak (tempat air mata menetes) dan berikan kompres hangat. Tentu saja, jika masalah terus berlanjut, periksa ke dokter mata. mata.


Komputer Membuatku Terus Terjaga!

Para peneliti telah menemukan bahwa cahaya biru dari layar komputer dan perangkat teknologi lainnya memiliki potensi untuk mengubah circadian lock (jam biologis) kita, membuat kita terjaga ketika kita seharusnya tertidur lelap. Bahkan, para ahli mengatakan terlalu banyak terpapar cahaya biru yang dihasilkan teknologi di malam hari bisa mengganggu siklus tidur-bangun. Tentu, cahaya biru lebih menonjol siang hari, sehingga respons tubuh Anda adalah menghasilkan lebih sedikit hormon tidur melatonin.
Lindungi Diri Anda: Idealnya, semua perangkat teknologi jangan diletakkan di kamar tidur, komputer/laptop, pemutar DVD dan TV, kata Sally Ibrahim, MD, dari Cleveland Clinic Sleep Disorders Center. Sebuah penelitian mengetahui pasti  bahwa stimulasi terlalu banyak dari bermain video game atau online internet kepada otak akan mengganggu tidur. Jadi jika Anda mengalami gangguan tidur, berhenti online internet atau main game 2 sampai 3 jam sebelum tidur. "Tubuh kita mengambil isyarat dari alam dan cahaya malam untuk membuat kita menjadi ngantuk dan tertidur, jadi kita perlu pengalaman itu," kata Dr Ibrahim.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar