Kamis, 10 Februari 2011

Masalah Pegal dan Nyeri pada Anggota Tubuh

Blackberry Thumb Pain
Blackberry Thumb Pain
Kelamaan duduk mantengin layar komputer/laptop bisa mengakibatkan pegal dan nyeri pada leher, punggung, tangan, bahkan kelamaan memakai laptop di pangkuan pria bisa menurunkan kualitas sperma karena suhu panas yang terlalu dekat dengan pabrik sperma. Di Amerika juga ada istilah “Blackberry Thumb” yang artinya ibu jari pegal dan nyeri karena terlalu banyak dipakai untuk ber-BB. 

"Ibu jari tidak pernah dirancang untuk terlalu sering digunakan," kata Tamara James, direktur ergonomi Duke University & Health Sistem. Memang, ibu jari adalah yang paling tangkas diantara semua  jari kita. Perempuan lebih berisiko mengalami sakit ibu jari  dan bahkan carpal tunnel syndrome dari berlebihan pada PDA dan komputer karena retensi cairan periodik (menstruasi, penggunaan pil kontrasepsi, kehamilan).
Selain itu, perempuan hanya memiliki sekitar dua-tiga  otot dari pria, menyebabkan menekan tombol terus menerus adalah suatu pekerjaan ekstra bagi otot, ujar Dr. Hedge.  Di saat social network sedang marak, membalas pesan facebook dan twitter juga tanpa sadar memaksa otot jari terus bekerja keras.
Lindungi Diri Anda: Jelas, menjaga mengetik dengan singkat adalah langkah kunci. Menurut Dr Hedge, peneliti mengetahui bahwa "waktu aman" maksimum untuk penggunaan praktis adalah sekitar dua jam sehari. Dan balasan Anda tetap sederhana. Jangan menggunakan kalimat ketika menggunakan ya atau tidak. Jika Anda sakit, kompres dengan es daerah tersebut. Jika itu tidak membantu atau anda merasa sakit, temui dokter.


Ini adalah kenyataan hidup dalam tiga dekade terakhir, kita telah menjadi penghuni dunia digital dan hal ini bermanfaat terhadap  kesehatan kita dalam banyak hal. Kita yang baru didiagnosa dengan kondisi kesehatan tertentu (atau hanya bertanya-tanya apa yang salah) dapat menemukan jawaban hanya dengan beberapa klik. Namun ada juga hal-hal buruknya, mari kita baca dan temukan solusi dari para ahli untuk menghindarinya.
Kita memiliki akses ke lebih banyak informasi kesehatan dan pendukungnya jika kita sedang berhadapan dengan penyakit yang kita derita. Selain dapat mencari info mengenai penyakit-penyakit di internet, kita juga dapat memanfaatkan fitur aplikasi smartphone untuk mengingatkan jadwal minum obat, perencanaan pola makan dan rutinitas olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar